ALUMNAE TALKS; Laily Amin Fajariyah, M. Pd., alumni Pascasarjana UNY dengan Segudang Prestasi

.

Laily Amin Fajariyah, M. Pd. adalah salah satu alumni Pascasarjana UNY yang memiliki segudang pengalaman dan prestasi yang menginspirasi. Beliau adalah guru Bahasa Inggris SMP 5 Panggang, Gunungkidul. Selain itu, Laily juga aktif sebagai guru Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan juga sebagai narasumber radio edukasi Kemendikbud. Selain itu, ia juga memiliki berbagai prestasi, penghargaan, dan pengalaman. Pada tahun 2018 Laily mendapatkan medali emas olimpiade guru nasional bahasa Inggris SMP. Laily juga pernah menjadi peserta Short Course Excellent Primary School Teachers, Kemendikbud di Universitas Leiden dan Windesheim, Belanda pada tahun 2019. Selain itu, beliau juga menjadi penerima Satyalancana Pendidikan 2019 dari Presiden RI.

Laily menempuh pendidikan S1 hingga S3 di Universitas Negeri Yogyakarta dengan prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S2 Linguistik Terapan (Konsentrasi Pendidikan Bahasa Inggris), dan S3 Doktoral Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Motivasi terbesar Laily untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah untuk lebih mendalami bidang keilmuan dan mengembangkan diri. Selama menempuh studi, Laily berusaha untuk memiliki manajemen waktu yang baik agar dapat membagi waktunya untuk kuliah, keluarga, dan kewajiban lainnya.

Laily menyampaikan bahwa ia menyukai hal baru dan ingin keluar dari zona nyaman sehingga ia ingin mengembangkan diri dengan cara melanjutkan studi, bergabung dengan komunitas guru, dan mengikuti berbagai konferensi. Perjalanan lanjut studi Laily juga penuh dengan tantangan salah satunya dengan mengurus perizinan dari berbagai pihak mengingat bahwa ia adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki prosedur tertentu dalam hal izin atau tugas belajar. Melalui kerja keras dan keuletannya, ia berhasil mendapat izin dan dukungan dari berbagai pihak sehingga dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Laily memanfaatkan kesempatan berharga tersebut untuk belajar sebaik-baiknya terlebih lagi ia disupport oleh beasiswa dari pemerintah. Melalui fasilitas beasiswa yang diterimanya selama studi lanjut, Laily mengikuti berbagai konferensi bergengsi yang memacu semangatnya untuk terus mengasah kemampuan akademiknya melalui penulisan dan publikasi karya ilmiah.

Laily memberi pesan untuk mahasiswa S2 agar menjalani masa studi S2 dengan sebaik-baiknya dengan cara memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk lebih mendalami keilmuan yang sedang digeluti. Hal lain yang tak kalah penting adalah agar mahasiswa S2 gemar mengakses artikel ilmiah, mengasah kesukaan untuk melakukan research, menuliskan hasilnya, serta mempublikasikannya melalui konferensi ataupun jurnal. Laily juga menghimbau agar para mahasiswa dapat meningkatkan koneksi dengan orang-orang yang berkecimpung dalam bidang keilmuan yang sedang didalami melalui konferensi atau kegiatan publikasi lain yang diikuti. Melalui pendidikan S2 dan kegiatan lain yang mendukung bidang akademis, diharapkan ilmu yang sudah didapatkan bisa diterapkan saat menjadi pengajar bahasa Inggris setelah lulus dari Pascasarjana UNY.